SELAMAT DATANG DI DUNIA BINTANG

TRANSLATOR

Jumat, 27 April 2012

Fakta Unik Tentang Bintang Di Malam

posted by: Dunia Bintang
Mungkin kalian pernah berfikir : " Weww, bintang-bintang yang bertaburan di langit indah sekali, kecil, berkilau dan berkelap-kelip. Apalagi kalau memandang bintang tersebut saat sedang sentimentil atau jatuh cinta, beeggh akan semakin melanglang buanalah pikiran kita bahkan ada di antara kita akan berpikir "seandainya, bisa terbang ke angkasa akan kupetik bintang tersebut satu dan kupersembahkan pada orang yang kusayang. Suit-suit Namun, angkasa itu jauh dan bintang bukanlah benda kecil yg berkelap-kelip. Bintang itu sesungguhnya adalah benda langit yg berukuran raksasa, yg berisi gas sedang terbakar dahsyat. Bintang adalah bola api raksasa yg sedang menyala-nyala dengan suhu jutaan derajat!!Terus kenapa keliatan kecil ?? Karena jaraknya memang sangat jauh dari bumi.
Berapakah jaraknya sehingga keliatan kecil banget ?? Jawabannya Jarak. Yups jarak antara bumi dan lokasi bintang jauh, jarak bintang yg terdekat saja 8th cahaya. Apa artinya?? artinya cahaya saja membutuhkan waktu 8th utk sampai ke bumi. Padahal kita tau bahwa kecepatan cahaya = 300.000 km/detik. Jadi jaraknya brp kilo tuh?? Hitung aja sendiri. Kalo cahaya membutuhkan 8th utk sampai ke bumi, berarti jrknya = 8th x 365 hari x 24 jam x 60 mnt x 60 dtk x 300.000 km/dtk =75.686.400.000.000 km atau sekitar 75triliun km gan.. sungguh jrk yg tdk pernah terbayangkan oleh kita !! Iya gak ?? Twuink-twuink
Bisakah kita pergi ke sana ??? mungkin saja .. tapi, butuh waktu.  Mari berhitung lagi. Semuanya bergantung pd pesawat yg kita pakai. Misalnya kita naik pesawat ulang alik seperti Challenger atau columbia yg kecepatannya 20ribu km/h. Berarti setelah 428 th kemudian barulah kita sampai di sana itupun untuk bintang yang paling dekat yang jaraknya 8 th cahaya. Jadi kalo kita liat langit malem-malam, sebenarnya kita bkn ngeliat langit yg sekarang doang. tapi pd saat yg bersamaan kita sdng melihat langit sekarang, 8th yg lalu, 100th yg lalu, 1000th yg lalu, 1juta th yg lalu, & bahkan 10 miliar th yg lalu....!

Related Posts

|

0 komentar: